Cara Merubah Ikon Local Disk pada Windows 7

Buat yang suka berkreasi dikomputer, mungkin postingan ini cukup memberikan sedikit ilmu tentang bagaimana merubah ikon pada Local Disk di Windows Explorer untuk Windows 7. Memang benar postingan ini bukanlah permintaan pembaca melainkan diri saya pribadi hanya ingin mendokumentasikannya. Sempat berfikir ingin menyimpan semuanya pada sebuah hardisk atau flashdisk atau mungkin pada CD, tapi saya fikir kembali alangkah lebih baik dan aman jika disimpan pada sebuah postingan di Blog sederhana ini, juga menghindari dari hilangnya data-data karena penyebab tertentu. 
Secara default Local Disc / Partisi mempunyai ikon berbentuk Hard Disk. Tetapi pernahkah kita berfikir akan merubahnya mengikuti selera kita. Hal ini tidak sama dengan merubah ikon Folder, yang bisa disesuaikan dibagian Properties. tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk merubahnya.
Gambar dibawah ini adalah hasil dari perubahan yang sudah saya terapkan pada Netbook saya:




Cara merubahnya adalah, bukalah Notepad (Start - All Program - Accessories - Notepad), kemudian ketiklah perintah seperti berikut:
[autorun]
Icon=karim.ico
label=Poetra

Kemudian simpan dengan nama: Autorun.inf
karim: Adalah nama dari Ikon yang ingin kita jadikan sebagai ikon pada hard disk tersebut (ikon biru pada gambar diatas) nama "karim" bisa diganti sesuka anda
ico: adalah jenis/format dari ikon.
poetra: Adalah Label, bisa anda ubah sesuai selera. Ini berfungsi jika kita juga ingin merubah nama dari Partisi tersebut yang biasa nama defaultnya adalah:
Local Dick ( C: )
Local Dick ( D: ) atau seterusnya
Bagaimana cara kita mencari ikon tersebut berformat ico tersebut? anda bisa cari disini. Setelah masuk pada website tersebut, ketik ikon apa saja yang anda kehendaki pada kotak pencarian lalu OK, disini saya ingin mencari ikon dengan nama "Background" dan hasilnya seperti dibawah ini:













Ikon warna biru dibagian kiri adalah ikon yang sudah saya pasang pasang. (bisa dilihat lagi pada gambar diatas bagian hard disk). pada gambar tersebut ada dua pilihan antara PNG dan ICO, pilihlah yang ICO, dengan begitu proses pendownloadan ikon akan berlangsung.
Lihat dan ubah nama ikon tersebut sesuaikan dengan nama yang sudah anda tulis pada Notepad, kemudian Copy keduanya (Notepad + Ikon ) pada Local Disk anda. Lihat pada gambar dibawah yang sudah saya terapkan pada Local disk (E:) di netbook saya

Sekarang anda sudah bisa merubah ikon Local Disk dan Label di komputer anda. Lakukan hal yang sama pada local disk yang lain. Kemungkinan besar masih belum bisa berfungsi jadi untuk solusinya anda harus me-Restart komputer anda dan buka kembali Windows Explorernya, lalu lihat hasilnya, tetapi jika masih belum bisa, cek kembali file Notepad yang telah diberi nama Autorun, lihat baik2 apa ada kesalahan atau tidak pada saat anda menulisnya. Intinya perintah icon harus sama dengan nama Ikonnya..
Semoga bermanfaat..!!




Comments

Popular posts from this blog

Cara Edit Video Dengan OneTrueMedia

Cara Membuat Sinyal Wifi

Download Gratis PowerAmp - Power Amp Full_2.0.10-build-588